Manfaat dan Kelebihan Cuka Air Kelapa
Ilustrasi Cuka Kelapa Foto: Shutterstock/Illiano

Kita semua tahu kalau kelapa merupakan salah satu buah yang kaya manfaat. Tak hanya daging dan airnya saja yang bisa dikonsumsi, ternyata hampir seluruh bagian dari buahnya juga bisa dimanfaatkan. Salah satu bagian yang mungkin jarang dimanfaatkan adalah cuka air kelapa. Sama seperti cuka fermentasi lain, cuka kelapa terbuat dari air kelapa atau getah pohon kelapa yang difermentasi selama 8-12 bulan.

Menurut sebuah penemuan yang dilakukan lembaga penelitian internal utama dari Departemen Penelitian Amerika Serikat (USDA), cuka kelapa menawarkan segudang manfaat kesehatan; seperti bisa menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan, hingga sistem kekebalan tubuh.

Ingin tahu lebih lanjut manfaat cuka air kelapa? Simak informasinya berikut ini.

Maanfaat Cuka Air Kelapa

1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat dan Kelebihan Cuka Air Kelapa
Gula dan alat pengukur kadar gula. Foto: pixabay.com

Cuka kelapa digadang-gadang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan bisa memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Sama seperti cuka apel, cuka kelapa juga mengandung asam asetat atau sejenis senyawa kimia asam organik yang bisa memberikan rasa asam dan aroma menyengat.

Tak hanya itu, penelitian tersebut juga mengatakan, bahwa cuka kelapa bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulsin sebanyak 34 persen.

2. Dapat menurunkan berat badan

Manfaat dan Kelebihan Cuka Air Kelapa
Waktu yang Tepat Menimbang Berat Badan. Foto: Shutterstock

Sama seperti cuka apel, cuka kelapa juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini didapat karena cuka kelapa bebas kalori dan juga mengandung asam asetat, yang dipercaya bisa membantu mengurangi rasa lapar.

Beberapa penelitian juga telah dilakukan untuk membuktikan klaim tersebut. Penelitian terbaru melaporkan bahwa penambahan cuka pada makanan bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Penelitian yang dilakukan selama 12 minggu itu menguji peserta dengan mengkonsumsi 1-2 sendok makan cuka kelapa per hari. Hasilnya, peserta tersebut kehilangan hingga 1,7 kilogram dan pengurangan lemak hingga 0,9 persen.

3. Bisa meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Foto: Pixabay

Cuka kelapa umumnya difermentasi selama 8-12 bulan. Selama proses fermentasi tersebut, cuka kelapa menghasilkan probiotik atau sejenis mikroorganisme hidup yang bisa memberikan efek baik untuk kesehatan usus.

Selain itu, cuka kelapa juga mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Getah yang digunakan untuk membuat cuka kelapa ini sejatinya adalah sumber zat besi dan vitamin C, merupakan dua nutrisi yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tambahkan sedikit cuka kelapa ke dalam air, setelah itu rendam buah dan sayuran segar dalam larutan cuka kelapa tersebut selama dua menit. Hasil studi menemukan, pencucian buah dan sayuran menggunakan larutan cuka kelapa bisa mengurangi bakteri hingga 90 persen dan virus hingga 95 persen.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi penyakit jantung. Foto: Thinkstock

Terakhir, cuka kelapa juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung. Menurut beberapa penilitian, manfaat ini didapat dari kandungan kalium dan mineral getah pohon kelapa yang dikabarkan bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung serta stroke.

Sementara penelitian yang dilakukan pada manusia hasilnya menunjukkan, bahwa mengkonsumsi 1-2 sendok makan cuka kelapa per hari bisa membantu mengurangi lemak perut dan kadar trigliserida darah. Dua faktor inilah yang membuat risiko penyakit jantung.

Suatu penelitian juga mencatat bahwa perempuan yang mengkonsumsi saus salad dengan tambahan minyak dan cuka kelapa selama 5-6 kali per minggu, memiliki kemungkinkan 54 persen lebih rendah untuk terserang penyakit jantung.

Untuk itu kami disini memproduksi cuka air kelapa karena banyak kelebihannya dari pada cuka biasa. Silahkan cek produknya disni

Sumber : https://kumparan.com/@kumparanfood/manfaat-cuka-kelapa-yang-jarang-diketahui-1qqyDtZUurN

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *