5 Alasan Kenapa Harus Pakai Cleansing Oil sebagai First Cleanser

5 Alasan Kenapa Harus Pakai Cleansing Oil sebagai First Cleanser

Ada banyak sekali jenis produk di dunia kecantikan. Kamu selalu disarankan memilih produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu, termasuk urusan cleanser!

Beda kondisi kulit, beda pula penanganannya. Kalau kamu pakai produk yang tepat, kamu akan lebih merasakan manfaatnya: kulit lebih bercahaya sehat, lembut, dan jarang muncul masalah. Nah, soal cleanser pun begitu. Ada banyak sekali jenis first cleanser yang bisa kamu pilih. Kalau selama ini kamu bertanya-tanya, kenapa harus pakai cleansing oil sebagai first cleanser? Apa saja alasan harus memilih cleansing oil? Jawabannya ada di bawah ini!

Baca juga: 5 Cleanser dengan pH Rendah untuk Pemilik Kulit Kering

1. Kulitmu kering dan sensitif

 

Cleansing oil akan terasa lebih nyaman di kulit kering dan sensitif. Lebih lembap, dan nggak ada gesekan (karena nggak pakai kapas), sehingga efeknya nggak abrasive. Cleansing oil juga nggak meninggalkan kesan kulit kering dan ‘ketarik’ setelah pemakaian. Umumnya, cleansing oil juga mengandung berbagai kandungan minyak yang baik untuk menghidrasi dan menutrisi kulit, misalnya jojoba oil, grapeseed oil, dan coconut oil.

Usia yang sudah menua juga bisa jadi jawaban yang tepat atas pertanyaan, “kenapa harus pakai cleansing oil?”. Di atas 30 tahun, biasanya kulit manusia cenderung lebih kering, jadi oil-based cleanser dan juga face oil cocok untuk ada dalam rangkaian skincare.

Baca juga: 5 Produk Bi-phase Cleanser yang Layak Dicoba!

2. Hemat kapas

ALASAN KENAPA HARUS PAKAI CLEANSING OIL SEBAGAI FIRST CLEANSER 3

Menggunakan cleansing oil nggak perlu memakai kapas. Kamu hanya perlu menuangnya ke telapak tangan yang bersih, lalu pijat lembut ke seluruh wajah dan leher sampai sisa makeup dan kotoran luntur. Tambahkan sedikit air untuk mengubah warnanya menjadi milky (emulsifying), pijat-pijat lagi, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Rutin memakai cleansing oil bikin kamu nggak harus belanja kapas terlalu sering, dan kamu jadi nggak menyumbang sampah terlalu banyak. Nice combo!

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Cleansing Oil

3. Kamu sering tampil full makeup 

ALASAN KENAPA HARUS PAKAI CLEANSING OIL SEBAGAI FIRST CLEANSER 7

Nah, ini tentu saja jadi alasan kenapa harus pakai cleansing oil. Makeup yang tebal dan berat, apalagi dengan warna-warna yang bold dan formula waterproof, sangat disarankan dihapus dengan cleansing oil, karena jadi lebih mudah hilang dan bersih maksimal. Jadi, cleansing oil cocok banget buat kamu yang setiap hari dandan meskipun di rumah saja, atau kamu yang suka eksplorasi gaya makeup dan foto-foto untuk blog, Instagram, atau bikin konten Youtube.

Baca juga: 5 Face Oil Lokal di Bawah 200 Ribu yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda

4. Kamu senang memijat wajah

ALASAN KENAPA HARUS PAKAI CLEANSING OIL SEBAGAI FIRST CLEANSER 4

Dalam rutinitas skincare, kamu bisa sekaligus memijat-mijat wajah agar lebih rileks dan awet muda. Nah, momen yang tepat adalah saat kamu mengaplikasikan cleansing oil dan juga face oil, karena tentu teksturnya lebih licin, dan biasanya punya aroma yang menenangkan. Pijat-pijat wajah dari leher bawah ke arah atas ya, supaya kulitmu nggak gampang kendur. Tapi, saat memijat wajah dengan cleansing oil, nggak perlu lama-lama. Kalau terlalu lama, kotoran dan sisa makeup bisa kembali terjebak di pori-porimu, akhirnya bikin komedo atau breakout. Cukup 1-2 menit saja sampai semuanya luntur, lalu bilas.

Baca juga: Punya Kulit Berjerawat? Ini 3 Rekomendasi Face Oil Lokal untuk Kamu Coba!

5. Kamu tertib menggunakan skincare setiap hari

ALASAN KENAPA HARUS PAKAI CLEANSING OIL SEBAGAI FIRST CLEANSER 10

Menurut saya, cleansing oil justru lebih praktis, lho! Kenapa? Karena cepat mengangkat makeup dan kotoran, dan kamu bisa menggunakannya di kamar mandi, lanjut ke pemakaian facial wash, kemudian langsung mandi. Cleansing oil tepat buat kamu yang senang bersih-bersih dan tertib menggunakan skincare setiap harinya. Kadang, setelah memakai micellar water, kamu justru tergoda untuk langsung tidur, nggak memakai second cleanser (facial wash) lagi atau lanjut ke step skincare lainnya. Akhirnya, kamu bangun pagi dengan kulit yang terasa lebih kering karena nggak memakai toner, serum, dan moisturizer. Kalau pakai cleansing oil, kamu jadi lebih disiplin pakai rangkaian skincare selanjutnya.

 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kamu harus pakai cleansing oil sebagai first cleanser kamu setiap hari. Apakah kelimanya cocok dengan kondisi dan preferensimu? Atau kamu malah sudah menggunakan cleansing oil sejak lama? Share ceritanya di kolom komentar ya!

Foto: Freepik.com.

disadur : https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/12/10/5-alasan-kenapa-harus-pakai-cleansing-oil-sebagai-first-cleanser/

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *