RINNGTIMES BANYUWANGI – Beberapa orang menganggap bahwa reamtik dan asam urat adalah jenis penyakit yang sama, hanya saja memiliki sebutan yang berbeda-beda. Asam urat dan rematik memang sama-sama penyakit yang menyerang sendi ataupun tulang-tulang tertentu pada manusia. Seperti leher, lengan tanga, pergelangan kaki, dll.

Rematik atau nyeri sendi adalah penyakit yang ditandai dengan nyeri sendi peyakit ini disebut juga rheumatoid arthritis. Rematik merupakan penyakit autoimun ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Pada fase ini area persendian adalah area yang diserang oleh sistem imun pengidap rheumatoid arthritis.

Sedangkan penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Pada umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Akan tetapi, seorang wanita juga memiliki risiko terserang penyakit sendi ini. Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah masa menopause.

asa sakit yang dialami pengidap asam urat, dapat berlangsung selama rentang waktu 3 hingga 10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik.

Dikutip oleh Ringtimes Banyuwangi dari berbagai sumber, berikut adalah perbedaan penyebab serta gejala rematik dan asam urat yang lebih sering menyerang laki-laki.

Jenis penyakit rematik masih dibedakan lagi menjadi dua jenis, yakni Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis. Berikut adalah penjelasannya.

Rheumatoid Arthritis 

Rheumatoid arthritis adalah adalah penyakit yang disebabkan karena sistem imun tubuh yang terlalu reaktif menyerang bagian sendi.

Bagian sendi yang diserang adalah pada bagian lapisan sendi. Akan tetapi, sistem imun pada tubuh juga dapat menyerang bagian tubuh lain seperti tulang dan otot ligamen. Jika tidak segera ditangani jenis rematik ini dapat menyebabkan kerusakan pada sendi secara permanen.

Osteoarthritis 

Osteoarthritis merupakan jenis rematik yang paling umum terjadi.  Penyebab umum yang menyebabkan jenis penyakit ini adalah karena rusaknya tulang rawan pada sendi karena faktor usia, terlalu sering dipakai, obesitas, ataupun karena cedera sendi.

Ketika tulang rawan bertambah rusak, penderita akan merasakan sakit yang parah dan kesulitan saat bergerak. Hal ini dikarenakan tulang sendi yang saling bergesek satu sama lainnya, sehingga dapat menimbulkan sakit di daerah tubuh lainnya, seperti tulang, otot ligamen, dan lapisan sendi.

Asam urat

Asam urat atau goat amerupakan salah satu penyakit yang cukup dikenal oelh kebanyakan orang. Penyakit asam urat ini disebabkan oleh kristal-kristal asam urat yang muncul pada persendian.

Kristal-kristal asam urat ini muncul karena penumpukan asam urat dalam darah yang tidak dapat dikeluarkan dari tubuh seutuhnya. Kristal-kristal asam urat tersebut yang menyebabkan peradangan pada sendi.

Asam urat muncul secara mendadak dan dapat dipicu oleh stres, alkohol, medikasi ataupun kondisi medis tertentu. Asam urat yang terlalu menumpuk dapat diakibatkan oleh tubuh yang menghasilkan asam urat berlebih, bahkan dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti ginjal.***

disadur : https://ringtimesbanyuwangi-pikiran–rakyat-com.cdn.ampproject.org/v/s/ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/amp/pr-17775255/kenali-perbedaan-rematik-dan-asam-urat-yang-banyak-menyerang-laki-laki-serta-akibatnya?usqp=mq331AQFKAGwASA%3D&amp_js_v=0.1#referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com%2Fgaya-hidup%2Fpr-17775255%2Fkenali-perbedaan-rematik-dan-asam-urat-yang-banyak-menyerang-laki-laki-serta-akibatnya

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *